Inilah 9 Tanda Seseorang Sedang Berbohong

Inilah 9 Tanda Seseorang Sedang Berbohong – Mengenali seseorang berkata benar atau tidak bisa dilihat dari ekspresi dari raut wajahnya, matanya, tingkahnya dan cara berbicaranya. Penting untuk mengetahui apakah seseorang sedang berbohong atau tidak.

Banyak sekali manfaat jika kita dapat mengenali seseorang sedang berbohong atau tidak. Karena pada saat-saat tertentu kita butuh “tahu” tentang kebenarannya. Misalnya saat seseorang ingin meminjam uang dengan berbagai alasan, kita harus tahu apakah alasan-alasannya itu benar atau tidak, bisa juga bermanfaat saat mengenal orang lain, mendeteksi kejujuran anak, dan lain sebagainya.

Untuk itu, sahabat muslimah harus paham benar dengan tanda-tanda psikis seseorang jika ia sedang berbohong.

Inilah 9 Tanda Seseorang Sedang Berbohong

Nah berikut ini akan dibahas tentang beberapa tanda atau ciri seseorang sedang berbohong, apa saja berikut pembahasan selengkapnya.

1. Tidak berani menatap

Orang yang sedang berbohong biasanya tidak berani menatap mata lawan bicaranya, namun berbeda halnya jika ia adalah seorang pembohong profesional yang sudah sangat terbiasa berbohong. Hal ini kerap dilakukan oleh anak-anak yang sedang berbohong pada orangtuanya, teman atau sahabat, suami pada istrinya atau sebaliknya.

2. Memberikan  alasan yang cukup panjang

Kebiasaan orang yang berbohong biasanya akan banyak mengarang cerita. Dia berkeyakinan bahwa Anda akan percaya dengan cerita panjang yang disampaikannya. Oleh karena itu waspadalah terhadap orang yang suka melebarkan cerita yang pada dasarnya cerita itu ringkas dan mudah sekali untuk disampaikan.

3. Perhatikan gerakan matanya

Kektika matanya melihat ke kiri atas, berarti ia sedang mengingat-ingat pengalaman terkait dengan pertanyaan Anda. Mata melihat ke kanan atas, berarti ia sedang berpikir untuk menjawab pertanyaan dan biasanya akan sedikit mengarang karena belum siap dengan jawabanya.

Sedangkan gerakan mata ke arah kanan bawah biasanya mengindikasikan adanya dialog di dalam diri seseorang, seakan-akan mereka sedang berbicara pada dirinya sendiri. Hal ini sering ditemui pada orang yang sedang bercerita mengenai apa pendapat atau keluh kesahnya.

Pepatah mengatakan bahwa mata tidak bisa berbohong. Oleh karenanya, meski tidak selamanya akurat namun jika diasah dengan terampil, cara mendeteksi kebohongan lewat gerakan mata ini cukup ampuh untuk membantu kita mendapatkan kejujuran dari orang-orang di sekitar.

4. Posisi berubah tiba-tiba

Posisi tubuh yang tiba-tiba berubah ini merupakan tanda bahwa seseorang tengah berbohong, ia merasa tidak nyaman dengan pertanyaan dan berusaha mencari jawaban atas pertanyaan yang diberikan dengan suatu kebohongan. Ia akan terlihat gugup dengan mengubah posisi atau menggerakkan bagian tubuhnya, seperti memegang leher, memalingkan wajah, meenutupi matanya, menyilangkan kakinya dan lain sebagainya.

5. Senyum yang terpaksa

Atau biasa disebut juga dengan senyuman palsu yakni senyum yang dipaksakan. Seseorang yang tengah berbohong cenderung akan memberikan senyuman palsu, seperti menyeringai tanpa alasan yang jelas saat sedang asyik dalam pembicaraan. Hal ini dilakukan oleh orang yang berbohong untuk menutupi apa yang sedang disembunyikannya.

Senyum yang sebenarnya itu akan terlihat jujur dan tulus. Senyum merekah akan merebak ke seluruh wajah dan mengeriputkan mata. Hal ini bisa dibuktikan sendiri di depan cermin. Cobalah perhatikan ekspresi wajah kita saat tersenyum yang sebenarnya dengan menyeringai atau senyum yang dibuat-buat.

6. Nada bicara bicaranya tidak natural

Kebohongan pada seseorang bisa juga dideteksi dengan memperhatikan perubahan nada atau intonasi ketika berbicara. Biasanya juga dia akan terlihat gugup dalam berbicara. Misalnya tiba-tiba mempercepat atau memperlambat ritme berbicara daripada sebelumnya. Selain itu bisa juga dengan suara atau nada yang tiba-tiba tinggi, rendah (pelan) atau bahkan tersendat-sendat (terbata-bata).

Inilah 9 Tanda Seseorang Sedang BerbohongInilah 9 Tanda Seseorang Sedang Berbohong

7. Mengalihkan topik pembicaraan

Ketika seseorang sedang berbohong pasti ia akan merasa tidak nyaman jika membicarakan topik yang membuatnya harus menutupi suatu kebohongan. Apalagi jika kita menanyakan atau membicarakan sesuatu yang mencurigakan, orang yang berbohong justru akan semakin merasa tidak nyaman.

Ketidaknyamanan itulah yang membuatnya berusaha untuk mengalihkan topik pembicaraan yang sedang dibahas. Orang yang berbohong juga biasanya akan lebih aktif dan sering mengajak kita untuk membicarakan topik-topik yang kita sukai sehingga kita tidak akan memiliki kecurigaan kepadanya.

8. Berusaha meyakinkan secara berlebihan

Takut kebohongannya terbongkar, biasanya orang yang suka berbohong akan lebih sering meyakinkan seseorang untuk percaya dengannya.

9. Tidak spontan dalam menanggapi argumen atau pertanyaan

Orang yang mengatakan kebenaran cenderung akan merespon lebih spontan daripada yang berbohong. Karena, orang jujur memiliki dasar lebih jelas dibandingkan dengan orang bohong. Orang yang bohong, perlu memproses otaknya lebih keras, artinya membutuhkan waktu lebih lama untuk menjawab lawan bicaranya.

Nah itulah sedikit gambaran tentang tanda seseorang sedang berbohong. Semoga uraian singkat diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan sahabat semua, terimakasih 🙂